Senin, 24 April 2017

Backpack

1. Mengelola Perpustakaan Maya (Backpack)
a. Menambah File atau Link dalam Backpack
Untuk menambahkan sumber belajar dari dalam komputer Anda baik yang berupa file/dokumen (lembar kerja, lembar sebar, lembar presentasi, dst), video, audio, digital book, dst, maupun untuk menambahkan tautan (link) dari berbagai website yang menurut Anda penting, silakan ikuti langkah berikut. 1) Klik ikon Backpack di toolbarsebelah kiri atas. 2) Klik tombol Add to Backpackdi sebelah kanan atas. 3) Ada pilihan File atau Link, silahkan pilih salah satu. Jika Anda memilih File silakan klik tombol Upload dengan maksimal file 100 MB kemudian klik Add. 4) Jika Anda memilih Link silakan memasukkan alamat tautankemudian klik Add.
 
b. Menyimpan Note dalam Backpack
Jika Anda ingin menyimpan note penting dari guru ke backpack Anda sehingga dapat lebih mudah untuk Anda temukan. Anda dapat menambahkan note tersebut ke backpack dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
1) Geser kursor Anda sehingga menemukan ikon di sebelah kanan note yang ingin Anda simpan.
2) Pilih Link to this Post pada menu drop-down, sehingga muncul pop up window - Link to Post, salinlink yang dihasilkan.
3) Klik Backpack dan klik tombol Add to Backpack di sebelah kanan atas.
4) Pada halaman Add to Bacpack pilih Link, kemudiantempel pada text box yang telah disediakan.
5) Klik Add maka note sudah tersimpan dalambackpack.

c. Menyimpan Dokumen Tugas dalam Backpack
Seluruh dokumen yang Anda kirimkan sebagai hasil tugas akan secara otomatis tersimpan dalam backpack, sehingga Anda tidak perlu menjumpai kesulitan untuk mencari kembali dokumen hasil tugas yang Anda kirimkan kepada guru. Anda hanya perlu mengklik ikonBackpack di toolbar atas. Kemudian klik tabTurnedIn di panel sebelah kiri.

d. Membuat, Menyimpan Konten, dan Menghapus Folder Untuk menjaga agar backpack Anda tertata dengan baik, Anda dapat membuat Folderdengan mengikuti langkah-langkah berikut.
1) Klik ikon Backpackdi toolbar atas, kemudian pilih menu Folder.
2) Klik tombol NewFolder di sebelah kanan atas.
3) Tuliskan nama Folder yang akan dibuat setelah itu klik tombol Create dan Folder siap digunakan.
Untuk menambahkan konten/sumber belajar Anda ke Folder, ikutilah langkah berikut.
1) Pilih fileyang akan dipindah. Klik file tersebut hingga muncul checkboxdi pojok kiri ikon file Anda.
2) Klik ikon Addto Folder, ikon di toolbar atas Backpack.
3) CentangFolderyang diinginkan, kemudian klik tombol Applymaka file otomatis telah dipindahkan.

e. Akses ke Google Drive Jika Anda memiliki sumber-sumber belajar dalam Google Drive atau guru Anda memiliki materi-materi dalam Google Drive, Edmodo juga telah menyediakan integrasi antara Edmodo dengan Google Drive. Sesuai dengan kegiatan belajar sebelumnya, untuk dapat menggunakan Google Drive, Anda harus memiliki akun gmail.Langkah-langkah untuk mengakses materi belajar dari Google Driveadalah sebagai berikut.
1) Klik ikonBackpack di toolbar.
2) Klik tabGoogle Drivedi sebelah kiri dan klik tombolConnect with Google Drive.
3) Anda akan diminta untuk login diakun Google Drive.
4) Pilih tombol Allow Access ketika Anda mendapatkan permintaan akses Google Drive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar